HARI ULANG TAHUN TENTARA NASIONAL INDONESIA (HUT TNI KE-78)

By YURIDHIS KURNIAWAN 05 Okt 2023, 15:08:11 WIB, dibaca : 623 kali Sekretariat Bkpsdm
HARI ULANG TAHUN TENTARA NASIONAL INDONESIA (HUT TNI KE-78)

Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Oktober. Tahun 2023 menjadi momentum peringatan hari lahirnya satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI). HUT ke-78 TNI mengusung tema "TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" yang disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Sejarah lahirnya satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober diawali dari pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober tahun 1945. Sebelum ada TKR, kelompok tersebut bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 23 Agustus 1945. Namun, nama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) tak lama diubah menjadi Tentara Rakyat Indonesia (TRI).

Perubahan nama itu menimbang karena adanya perubahan susunan struktur yang sesuai dengan dasar militer internasional. Sampai pada akhirnya pada 3 Juni 1947, Presiden Soekarno meresmikan nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mempersatukan TRI dan badan perjuangan rakyat yang ada di Indonesia. Meskipun nama TNI dicetuskan pada 3 Juni 1947, tetapi hari lahir TNI diperingati setiaptanggal 5 Oktober yang merupakan waktu pembentukan resmi TKR. Jenderal Besar Soedirman ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Panglima TNI yang pertama pada 28 Juni 1947 di Istana Presiden Yogyakarta.




Baca Juga